05 April 2018

CIMOL TEGAL ALUN-ALUN JOMBANG

http://style.tribunnews.com/2018/01/19/resep-cimol-ala-abang-abang-sekolahan-enak-buat-nemenin-bersantai-saat-sore
 
Cimol merupakan jajanan anak-anak yang biasanya ada di depan sekolah-sekolah atau tempat umum lainnya yang terdapat keramaian. Jajanan ini terbuat dari bahan yang sederhana yaitu tepung tapioka atau yang biasa disebut aci oleh masyarakat Jawa Barat.

Sebagaimana jajanan khas Jawa Barat lainnya, cimol memiliki nama khas yang berupa singkatan memiliki kepanjangan yaitu “aci digemol” yang berarti tepung kanji dibuat bula-bulat. Seperti jajanan Jawa Barat yang lain juga memiliki singkatan yaitu seperti cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng) dan masih banyak yang lain.

Seperti namanya yang ke-Jawa Barat-an, cemilan ini memang berasal dari Jawa Barat. Cara penyajiannya begitu sederhana. Adonan aci, tepung beras dan terigu yang sudah dibumbui dengan garam, penyedap rasa dan merica dibentuk menjadi bola-bola yang tidak lebih besar dari bola pingpong, kadang bisa lebih kecil. Kemudian didiamkan. Setelah itu bola-bola cimol digoreng hingga matang keemasan.

Cimol hangat yang sudah digoreng matang tersebut diangkat dan disajikan dengan serbuk bumbu. Jika ingin ditambahkan rasa pedas, bisa diberikan serbuk cabe kering untuk menambah sensasi pedas. Sesederhana itulah proses pembuatannya. Kali ini kami mengicipi jajanan cimol yang ada di dekat rumah kami yaitu di area Alun-alun Jombang pada saat event car free day.

Kawasan car free day berpusat pada alun-alun dan jalanan di sekitar lingkungan alun-alun tersebut. Di sekitar alun-alun terdapat banyak komplek sekolah yang menjadi titik utama para pedagang jajanan untuk menggelar lapaknya. Termasuk Cimol Tegal yang kami hampiri ini. Cimolnya terlihat selalu hangat karena pedagangnya selalu menggorengkan langsung cimol yang sudah disediakan.

Penjualnya ramah, rasa cimolnya kenyal dan tidak terlalu alot. Bumbunya juga terasa cukup, tidak terlalu asin dan gurihnya pas. Kami mencoba bubuk cabenya. Pedasnya pas dengan selera kami yang menyukai rasa pedas, dan serbuknya tidak terasa pahit. Tempatnya lumayan bersih dan rapi.

Nilai dari BLAKRAAN KULINER untuk Cimol Tegal Alun-alun Jombang ini adalah 71/100. Boleh dicoba!

Source: (Cover Picture Credit to: http://style.tribunnews.com/2018/01/19/resep-cimol-ala-abang-abang-sekolahan-enak-buat-nemenin-bersantai-saat-sore.)

1 comment

  1. https://www.sateayam.site/mengenal-permainan-sabung-ayam-online-di-indonesia
    Sabung Ayam Online merupakan jenis permainan adu sabung ayam yang dapat dimainkan meski berada di Indonesia.
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon